PENGARUH KONTROL DIRI DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO

Masruroh, Ratna Ngaini (2019) PENGARUH KONTROL DIRI DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ratna Ngaini M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui secara parsial pengaruh kontrol diri terhadap disiplin belajar siswa; 2) mengetahui secara parsial pengaruh pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa; dan 3) mengetahui secara simultan pengaruh kontrol diri dan pengelolaan kelas terhadap disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 673 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 251 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Skala psikologi ini diuji cobakan kepada 170 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement. Adapun validitas item dihitung menggunakan koefisien korelasi item total terkoreksi dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa sebesar 0,307 atau 30,7%; 2) pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa sebesar 0,017 atau 1,7%; dan 3) kontrol diri dan pengelolaan kelas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar sebesar 0,440 atau 44%. Kata kunci: kontrol diri, pengelolaan kelas, disiplin belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2019 03:57
Last Modified: 28 May 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64188

Actions (login required)

View Item View Item