PROFIL KONDISI FISIK MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM BOLA VOLI UNY

Pujowigoro, Yogie (2019) PROFIL KONDISI FISIK MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM BOLA VOLI UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PROFIL KONDISI FISIK MAHASISWA YANG MENGIKUTI UKM BOLA VOLI UNY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik profil kondisi fisik mahasiswa yang mengikuti UKM bola voli UNY. Kondisi fisik dalam penelitian ini dibatasi pada kecepatan, kekuatan otot lengan dan bahu, kekuatan otot perut, kekuatan otot punggung, kekuatan otot tungkai, daya ledak otot tungkai, kelentukan, kelincahan, dan daya tahan paru jantung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Sampel dalam penelitian berjumlah 26 mahasiswa dari 62 mahasiswa yang terdaftar, diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu mahasiswa aktif mengikuti UKM bola voli dan memiliki usia latihan minimal enam bulan. Instrumen untuk mengukur kecepatan yaitu tes lari 60 meter, kekuatan otot lengan dan bahu yaitu expanding dynamometer, kekuatan otot perut yaitu tes sit up 30 detik, kekuatan otot tungkai yaitu leg dynamometer, kekuatan otot punggung yaitu back dynamometer, daya ledak otot tungkai yaitu tes loncat tegak, kelentukan yaitu sit and reach test, kelincahan yaitu hexagonal obstacle agility test, dan daya tahan paru jantung yaitu harvard step test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kondisi fisik mahasiswa yang mengikuti UKM bola voli UNY berada pada kategori “kurang sekali” sebesar 3,8% (1 mahasiswa), kategori “kurang” sebesar 34,6% (9 mahasiswa), kategori “sedang” sebesar 23,0% (6 mahasiswa), kategori “baik” sebesar 34,6% (9 mahasiswa), kategori “baik sekali” sebesar 3,8% (1 mahasiswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kondisi fisik, bolavoli, UKM bola voli UNY
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 02:08
Last Modified: 28 May 2019 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64180

Actions (login required)

View Item View Item