ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V DI SD NEGERI JETIS KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wulan, Wulan (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V DI SD NEGERI JETIS KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PDF FIX.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Analisis butir soal merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui kualitas butir soal agar soal yang digunakan dalam melaksanakan suatu tes benar-benar mampu mengukur kemampuan siswa dengan tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai. Soal pilihan berganda Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V di SD Negeri Jetis Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019 belum dianalisis, sehingga dibutuhkan analisis butir soal untuk mengetahui kualitas dan kelayakanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu untuk memperoleh data soal ujian, kunci jawaban dan lembar jawaban siswa seluruh peserta ujian, dengan jumlah subjek dari penelitian adalah 84 peserta tes . Kemudian untuk proses analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan program excel, dimana soal tersebut akan dianalisis dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh yang kemudian akan diketahui kualitas butir soalnya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa total 25 butir soal pilihan ganda ditinjau dari segi tingkat kesukaran menunjukan sebanyak 3 butir soal (12%) dalam kategori sukar, 12 butir soal (48%) dalam kategori sedang, dan 10 butir soal (40%) dalam kategori mudah. Ditinjau dari tingkat daya beda terdapat 10 butir soal (40%) dalam kategori Jelek, 11 butir soal (44%) dalam kategori Cukup, 3 butir soal (12%) baik, dan 1 butir soal (4%) negatif atau tidak memiliki daya pembeda. Ditinjau dari efektivitas fungsi distraktor dari 100 opsi yang ada diperoleh 79 (79%) opsi berfungsi baik, dan 21 (21%) opsi memiliki fungsi yang kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, penilaian akhir semester
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 02:03
Last Modified: 28 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64178

Actions (login required)

View Item View Item