MOTIVASI LANJUT USIA (LANSIA) DALAM MENGIKUTI PROGRAM SENAM LANSIA DI DUSUN DEMO, KALIBENING, DUKUN, MAGELANG

Pratiwi, Bella Titis (2019) MOTIVASI LANJUT USIA (LANSIA) DALAM MENGIKUTI PROGRAM SENAM LANSIA DI DUSUN DEMO, KALIBENING, DUKUN, MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi - Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan lansia dalam mengikuti senam lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi lanjut usia (lansia) dalam mengikuti program senam lansia di Dusun Demo, Kalibening, Dukun, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia di Dusun Demo yang berjumlah 30 lansia terdiri dari 22 wanita dan 8 pria, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid 35 butir dari 50 pertanyaan. Uji realibititas menggunakan rumus Alpha Crobach sebesar 0.863 sehingga instrument tersebut reliabel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi lansia dalam mengikuti senam lansia di Dusun Demo, Kalibening, Dukun, Magelang berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 16.67% (5 lansia), “tinggi” sebesar 83.33% (25 lansia), “rendah” sebesar 0% (0 lansia), dan “sangat rendah” sebesar 0% (0 lansia). Motivasi lansia dalam mengikuti senam lansia di Dusun Demo, Kalibening, Dukun, Magelang dalam kategori “tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, senam lansia
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 02:00
Last Modified: 28 May 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64177

Actions (login required)

View Item View Item