PENGARUH LATIHAN ABC TERHADAP KOORDINASI PADA ATLET PELAJAR NOMOR LARI DI SPORTIF ATLETIK CLUB GUNUNGKIDUL

Kurniasari, Devi (2019) PENGARUH LATIHAN ABC TERHADAP KOORDINASI PADA ATLET PELAJAR NOMOR LARI DI SPORTIF ATLETIK CLUB GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI fix.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan ABC terhadap koordinasi atlet pelajar nomor lari di Sportif Atletik Club Gunungkidul. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah atlet lari yang terdaftar di dalam Sportif Atletik Club yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 9 putra dan 2 putri, serta atlet lari sudah memulai latihan minimal 3 bulan. Instrumen yang digunakan adalah analisa teknik lari yang di validasi oleh ahli atau expert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari latihan ABC terhadap koordinasi pada atlet pelajar nomor lari di Sportif Atletik Club Gunungkidul. Hasil uji t diperoleh nilai P = (0.000) < α (0.05), maka terdapat peningkatan yang signifikan pada koordinasi pada atlet pelajar nomor lari di Sportif Atletik Club Gunungkidul. Persentase peningkatan tersebut sebesar 9.6%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan ABC terhadap koordinasi pada atlet pelajar nomor lari di Sportif Atletik Club Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan ABC, koordinasi, atletik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 01:53
Last Modified: 28 May 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64175

Actions (login required)

View Item View Item