HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMP NEGERI 6 TEMANGGUNG

Rahayu, Istiana Ika (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMP NEGERI 6 TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ISTIANA IKA RAHAYU_15601241052.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dengan kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler pencak silat SMP Negeri 6 Temanggung. Desain penellitian yang digunakan adalah desain korelasional (Correlational design). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan angket dan tes kemampuan motorik. Variabel bebas adalah minat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 6 Temanggung yang dilihat dari 3 faktor, perasaan ingin tau, mempelajari, dan mengagumi atau memiliki sesuatu. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan motorik. Subjek penelitian yaitu sampel 14 peserta siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri 6 Temanggung. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara minat dengan kemampuan motorik siswa dengan nilai korelasi 0,603. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi minat siswa terhadap pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat maka kemampuan motorik siswa juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, kemampuan motorik, pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 01:47
Last Modified: 28 May 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64173

Actions (login required)

View Item View Item