KECEMASAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENAM ARTISTIK KELAS X SMK 3 YPKK SLEMAN

Qurrota'ayun, Qurrota'ayun (2019) KECEMASAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SENAM ARTISTIK KELAS X SMK 3 YPKK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYUN PJKR 2015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa peserta didik mengalami kecemasan dalam pembelajaran senam artistik kelas X di SMK YPKK 3 Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SMK YPKK 3 Sleman. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMK YPKK 3 Sleman yang diambil dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu hasil wawancara dengan guru PJOK dan dokumentasi saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan peserta didik dalam pembelajaran senam artistik kelas X di SMK YPKK 3 Sleman ada beberapa peserta didik mengalami kecemasan. Kecemasan berdasarkan faktor fisik (somatik) yaitu peserta didik merasa denyut nadi tidak normal dan berdetak semakin kencang ketika akan megikuti pembelajaran senam artistik, kecemasan berdasarkan faktor psikologis yaitu peserta didik merasa khawatir dan takut ketika akan melakukan gerakan senam artistik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecemasan, peserta didik, pembelajaran senam artistik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 01:40
Last Modified: 28 May 2019 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64171

Actions (login required)

View Item View Item