TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENJAS ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018/2019

Saputra, Wahyu Eko (2019) TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TENTANG PENJAS ADAPTIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CD EDIT.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di SD se-Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, tempat penelitian ini dilakukan di seluruh SD se-Kecematan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Subyek penelitian yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani yang berada di sekolah dasar se-Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 28 orang dan sumber data diperoleh dari setiap guru penjas yang ada di SD se-Kecamatan Panjatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan cara mengedarkan kuesioner. Instrument penelitian menggunakan tes pengetahuan dengan bentuk soal benar salah, sedangkan uji validitas dengan korelasi setiap faktor menggunakan bantuan program SPSS 23.0 dengan teknik korelasi Person Product Moment, diketahui dari 34 soal terdapat 4 soal yang gugur, sehingga tes yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 butir soal. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh sebesar 0,964 sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian dan pembahasan di atas diperoleh tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang penjas adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di SD se-Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo tahun 2018/2019 yang masuk pada kategori sangat tinggi sebesar 3,6% (1 orang), pada kategori tinggi sebesar 57,1% (16 orang), pada kategori cukup sebesar 10,7% (3 orang), kategori kurang sebesar 10,7% (3 orang) dan kategori sangat kurang sebesar 17,9% (5 orang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, guru penjas, penjas adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 01:17
Last Modified: 28 May 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64163

Actions (login required)

View Item View Item