PENGARUH BERMAIN BOLA PANTUL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019

Wibowo, Mahfuzd Bayuaji (2019) PENGARUH BERMAIN BOLA PANTUL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian yang saya buat ini adalah supaya siswa bisa untuk melakukan dasar-dasar di dalam permainan bola voli dengan benar dan maksimal dengan menggunakan metode latian bola pantul, jika di dalam pembelajaran kurang maksimal untuk melakukan gerakan passing bawah bola voli, maka di dalam ekstrakurikuler ini siswa mempunyai kesempatan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli untuk menjadi lebih baik. Metode yang digunakan adalah Eksperimen Semu dengan pendekatan preexperimental designs dengan bentuk the one grups pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan bola voli usia 13-15 tahun Depdiknas 1999 yang mempunyai validitas 0.733 dan reliabilitas 0.758. Analisis data menggunakan uji-t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan passing bawah bola voli menggunakan metode bermain bola pantul pada siswa SMP N 1 Tempel yang mengikuti Ekstrakurikuler bola voli, dengan t hitung sebesar 1.490 , t tabel 1.011 dan dengan signifikansi 0.05 > 0.000. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada perbedaan Dari hasil pretest dan hasil posttest bahwa Metode bermain bola pantul baik untuk meningkatkan passing bawah bola voli pada siswa SMP N 1 Tempel yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bola pantul, passing, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2019 01:06
Last Modified: 28 May 2019 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64161

Actions (login required)

View Item View Item