PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOB SHEET GAMBAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Rahayu, Ning Sri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOB SHEET GAMBAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan job sheet Gambar Teknik Mesin untuk peserta didik kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran job sheet Gambar Teknik Mesin yang di kembangkan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Four-D (define, design, develop, desiminate). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta dan waktu penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala linkert 5 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh dua dosen ahli evaluasi, kemudian diberikan kepada ahli materi dan media untuk memvalidasi job sheet dan dilakukan uji coba berupa respon guru mata pelajaran serta penggunaan job sheet oleh peserta didik. Analisis data pengembangan dilakukan secara deskriptif. Sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran job sheet Gambar Teknik Mesin yang dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (a) mendefinisikan kebutuhan dengan analisis awal, analisis peserta didik dan kurikulum, analisis materi, perumusan tujuan; (b) melakukan perancangan dengan menyusun parameter garis besar isi job sheet, pemilihan format, perancangan awal job sheet; (c) melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli media dan ahli materi yang dilanjutkan revisi, pengenalan produk pada guru dan uji coba pada peserta didik sehingga dihasilkan produk akhir job sheet Gambar Teknik Mesin; (d) melakukan penyebaran produk secara terbatas pada guru mata pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Negeri 3 Yogyakarta. (2) Kelayakan media pembelajaran job sheet Gambar Teknik Mesin kelas X ditentukan dari hasil validasi ahli media dengan rerata skor 4,58 dan ahli materi 4,66 yang termasuk dalam kategori sangat layak dan hasil respon pengguna guru dengan rerata skor 4,21 dan peserta didik 4,5 dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran job sheet gambar teknik mesin kelas X ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Job Sheet Gambar Teknik Mesin kelas X, Research and Development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 May 2019 00:19
Last Modified: 28 May 2019 00:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64148

Actions (login required)

View Item View Item