UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N TERBAHSARI KULON PROGO MATERI OPERASI PENGURANGAN PECAHAN PADA SOAL CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER

Ani, Tri Novi (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N TERBAHSARI KULON PROGO MATERI OPERASI PENGURANGAN PECAHAN PADA SOAL CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tri Novi Ani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Terbahsari, Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019 melalui metode pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Terbahsari, Kulon Progo yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 5 siswa putra dan 16 siswa putri. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 72, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 85% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 71% menjadi 89%. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 81% hingga mencapai 99%. Sedangkan peningkatan hasil tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siklus I dan siklus II sebesar 24% yakni sebanyak 15 siswa (71%) menjadi 20 siswa (95%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 23. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 9,80 yaitu dari 73,3 menjadi 87,1. Kata kunci: metode everyone is a teacher, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 May 2019 07:07
Last Modified: 27 May 2019 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64093

Actions (login required)

View Item View Item