PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR INPUT ANALOG PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK

Wati, Miladiah Setio (2019) PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR INPUT ANALOG PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan modul pembelajaran input analog PLC pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok dan (2) peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram dengan menggunakan modul pembelajaran input analog PLC. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch. Tahapan pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Depok dengan subjek penelitian siswa kelas XII Teknik Otomasi Industri. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Instrumen angket diuji validitasnya menggunakan expert judgment, instrumen tes diuji validitasnya menggunakan korelasi product moment. Reliabilitas instrumen tes diuji menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) kelayakan modul pembelajaran berdasarkan ahli media mendapatkan persentase 85% dengan kategori “Sangat Layak’, ahli materi mendapatkan persentase 82,76% dengan kategori “Sangat Layak”, dan respon siswa mendapatkan persentase 83,27% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Pembelajaran menggunakan modul input analog PLC meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan hasil pretest 11 dan posttest 16,08. Hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan ditunjukkan dari uji U Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Sistem Kontrol Terprogram, Input Analog PLC
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 May 2019 04:29
Last Modified: 27 May 2019 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64082

Actions (login required)

View Item View Item