PENGARUH PEMANASAN NEUROMUSKULAR FIVE TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN CEDERA PADA PEMAIN FUTSAL BERUSIA MUDA

Purnawan, Ardi Cahya (2019) PENGARUH PEMANASAN NEUROMUSKULAR FIVE TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN CEDERA PADA PEMAIN FUTSAL BERUSIA MUDA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi (Ardi Cahya).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Futsal adalah olahraga populer yang memiliki angka kejadian cedera yang tinggi. Peningkatan kebugaran fisik merupakan salah satu upaya untuk menurunkan faktor risiko cedera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanasan neuromuskular FIVE terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai pada pemain futsal berusia muda. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain Two-Group Pretest Posttest Design. Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi latihan FIVE sedangkan kelompok kontrol melakukan latihan rutin biasa. Populasi dari penelitian ini adalah pemain futsal berusia muda Sekolah Menengah Atas di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sesuai kriteria dalam penelitian dengan sampel yang berjumlah 29 orang. Penilaian kekuatan otot tungkai menggunakan leg dynamometer dilakukan sebelum dan sesudah intervensi (pre-post test). Perubahan kekuatan otot tungkai pada kedua kelompok di analisis menggunakan uji t berpasangan dan perbedaan rerata kekuatan otot tungkai antar kedua kelompok di uji dengan uji t tidak berpasangan. Hasil analisis data melalui uji t berpasangan menunjukkan terdapat peningkatan kekuatan otot tungkai pada kedua kelompok yang ditunjukkan dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,006 (kelompok eksperimen) dan 0,028 (kelompok kontrol). Hasil analilis data melalui uji t tidak berpasangan menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari rerata peningkatan kekuatan otot tungkai antara kedua kelompok sebelum dan sesudah intervensi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 (0,502 > 0,05) sebelum intervensi, (0,885 > 0,05) sesudah intervensi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanasan neuromuskular FIVE dapat menjadi alternatif program latihan dalam upaya peningkatan performa dan upaya pencegahan cedera pada pemain futsal berusia muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: futsal, pemanasan neuromuskular, FIVE
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 May 2019 04:26
Last Modified: 27 May 2019 04:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64080

Actions (login required)

View Item View Item