PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KONSTRUKSI KAITAN UNTUK MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK TATA BUSANA

Putri, Ayu Utari Purnomo (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI KONSTRUKSI KAITAN UNTUK MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-HALAMAN LAMPIRAN.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk materi konstruksi kaitan pada pembelajaran tekstil siswa kelas X SMK Tata Busana; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android materi konstruksi kaitan ditinjau dari ahli materi dan ahli media; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android materi konstruksi kaitan ditinjau dari pengguna; (4) mengetahui manfaat media pembelajaran interaktif berbasis android untuk pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Tata Busana SMKN 1 Pandak yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi yaitu menggunakan penilaian expert (expert judgment); dan reliabilitas instrumen dibuktikan dengan kesepakatan antar rater (inter rater of agreement). Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android untuk materi konstruksi kaitan di kelas X SMK Tata Busana telah berhasil dikembangkan; (2) kelayakan multimedia interaktif berbasis android ditinjau dari ahli materi mendapatkan skor 53,3 prosentase 88,8 dinyatakan sangat layak, dan ditinjau dari ahli media mendapatkan skor 72 prosentase 90% dikatakan sangat layak; (3) kelayakan multimedia ditinjau dari pengguna mendapatkan skor 86,3 dengan prosentase 86,3% dinyatakan sangat layak; (4) hasil penelitian ini sangat bermanfaat untuk mendorong siswa lebih berminat dalam belajar materi konstruksi kaitan. Berdasarkan hal ini, maka multimedia pembelajaran berbasis android materi konstruksi kaitan dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran tekstil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, android, konstruksi kaitan, Tata Busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 May 2019 04:15
Last Modified: 27 May 2019 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64079

Actions (login required)

View Item View Item