PERBEDAAN LATIHAN SHOOTING MENGGUNAKAN PENGHALANG DAN TANPA PENGHALANG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SHOOTING GAME ATLET PEMULA PETANQUE

Muladana, Aris (2019) PERBEDAAN LATIHAN SHOOTING MENGGUNAKAN PENGHALANG DAN TANPA PENGHALANG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SHOOTING GAME ATLET PEMULA PETANQUE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARIS NEW.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum konsistennya kemampuan shooting atlet dalam pertandingan shooting game dalam petanque baik itu di level regional maupun level nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan penghalang berupa ban mobil dan latihan shooting tanpa penghalang terhadap peningkatan kemampuan shooting game atlet pemula petanque Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain "two group pretest postest design". Instrumen yang digunakan untuk tes kemampuan shooting adalah permainan nomor shooting station 1,2,3,4, dan 5 dengan jarak 6 meter, 7 meter, 8 meter, dan 9 meter. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet pemula petanque kota Kediri yang berjumlah 14 atlet. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukan hasil yang sama signifikan antara latihan shooting menggunakan penghalang dan tanpa penghalang. Namun latihan shooting menggunakan penghalang hasilnya lebih baik dan pada latihan shooting tanpa penghalang dengan terliat nilai rata-rata shooting menggunakan penghalang hasil preetest 4,71 meningkat sebesar 13,00. Jumlah peningkatan sebesar 8,28. Shooting tanpa penghalang yang mula mula hasil rata-rata preetest 3,42 meningkat menjadi 10,00. Jumlah peningkatan sebesar 6,57. Selisih rata-rata peningkatan hasil shooting game dengan perlakuan latihan menggunakan penghalang dan tanpa penghalang adalah 1,71.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan shooting, penghalang, petanque
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 May 2019 01:50
Last Modified: 27 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64063

Actions (login required)

View Item View Item