PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN PENDEM DESA TEGALTIRTO KECAMATAN BERBAH KAB. SLEMAN

Diovani, Yoga (2021) PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN PENDEM DESA TEGALTIRTO KECAMATAN BERBAH KAB. SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_yoga diovani_17603141021.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh senam aerobik terhadap kadar gula darah ibu rumah tangga Dusun Pendem. Untuk mengetahui apakah senam aerobik pada ibu rumah tangga efektif untuk menurukan kadar gula darah dan terhindar dari resiko penyakit diabetes. Di samping itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penyebab meningkatnya kasus diabetes di rentan usia lansia pertengahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan satu variabel, yaitu kadar gula darah yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga Dusun Pendem Kalitirto Berbah Sleman. Peneliti menggunakan 15 orang dari 28 ibu rumah tangga yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah alat cek gula darah. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diberikan treatment senam aerobik terhadap Kadar Gula Darah Ibu Rumah Tangga Dusun Pendem Desa Tegaltirto Kecamatan Berbah Kab. Sleman. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil t hitung 7.246 > t tabel 2.592, dan nilai p 0,000 < 0,005.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Eka Novita Indra, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: senam
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Apr 2021 07:29
Last Modified: 22 Apr 2021 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64011

Actions (login required)

View Item View Item