TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WONOSARI

Yulian, Hayula Iva Chandra (2019) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas gerak siswa pada saat melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani yang dimungkinkan dipengaruhi oleh tingkat kemampuan motorik siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat kemampuan motorik siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Wonosari, dengan jumlah keseluruhan adalah 54 anak yang terdiri dari 30 laki-laki dan 24 perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran untuk mengukur tingkat kemampuan motorik, yang terdiri dari 6 item tes, yaitu standing board jump, wall pass, zig-zag run, medicine ball put, softball throw, dan lari 60 yard. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian adalah kemampuan tingkat motorik siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Wonosari masuk dalam kategori kurang yaitu diperoleh bahwa 2 siswa (3,7%) mempunyai tingkat kemampuan motorik kurang sekali, 22 siswa (40,7%) mempunyai tingkat kemampuan motorik kurang, 11 siswa (20,4%) mempunyai tingkat kemampuan motorik sedang, 15 siswa (27,8%) mempunyai tingkat kemampuan motorik baik, dan 4 siswa (7,4%) mempunyai tingkat kemampuan motorik baik sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, motorik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2019 03:41
Last Modified: 24 May 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64009

Actions (login required)

View Item View Item