UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KECIL MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DENGAN SASARAN BOM AIR PADA KELAS IV A SD NEGERI TEGALPANGGUNG KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Trisnanda, Galang Surya (2019) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KECIL MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DENGAN SASARAN BOM AIR PADA KELAS IV A SD NEGERI TEGALPANGGUNG KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_GALANG_SURYA_TRISNANDA_15604221019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan melempar bola kecil pada siswa kelas IV A SD Negeri Tegalpanggung Kota Yogyakarta dalam mengikuti pembelajaran melempar bola kecil. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif, penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua tatap muka dan setiap sekali tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 21. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan melempar bola kecil dengan sasaran bom air melalui metode bermain dapat meningkat. Peningkatan proses pembelajaran meliputi tahap observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran dan tes unjuk kerja. Target ketuntasan keterampilan melempar bola kecil siswa dalam penelitian ini adalah mencapai nilai KKM 75, hal ini dapat dibuktikan dari data prasiklus yang semula hanya mencapai 23% pada siklus pertama terjadi peningkatan sebesar 38% dan pada siklus kedua ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 85,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: melempar bola kecil, bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2019 03:36
Last Modified: 24 May 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64008

Actions (login required)

View Item View Item