PENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Abidin, Zainal (2019) PENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_ZAINAL ABIDIN_14505241001.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung berbasis AutoCAD di SMK N 1 Pajangan, (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan dari pengujian validasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model 4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define (pendefisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli materi dan ahli media. Penilaian modul juga dilakukan oleh guru mata pelajaran APL-PIG selaku calon pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut: (1) Modul AutoCAD sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran APL-PIG, mengacu pada kurikulum 2013 revisi yang teridiri dari 6 KD dengan menghasilkan 9 BAB materi pelajaran. (2) Hasil pengujian kelayakan modul dengan memperhatikan (a) isi materi beserta alokasi waktu yang disesuaikan dengan kompetensi pada silabus (b) format penyusunan modul yang benar (c) dan memperhatikan kejelasan gambar ilustrasi pada modul. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat skor 72,97% dengan predikat layak, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media mendapat skor 81,90% dengan predikat sangat layak dan hasil dari penilaian guru mata pelajaran APL-PIG dalam aspek materi mendapat skor 97,29% dengan predikat sangat layak, sedangkan aspek tampilan media mendapat skor 92,24% dengan predikat sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, modul pembelajaran, dan Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2019 01:25
Last Modified: 24 May 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63978

Actions (login required)

View Item View Item