Putro, Dedi Cahyono (2019) PENGEMBANGAN PROGRAM TUTORIAL VIDEO PEMBELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK HAMONG PUTERA PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover etc.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mengetahui kelayakan program tutorial video pembelajaran dasar elektromekanik menurut ahli materi dan ahli media. (2)Mengetahui hasil kelayakan uji coba kemanfaatan ditinjau dari tanggapan siswa terhadap program video pembelajaran dasar elektromekanik di SMK Hamong Putera Pakem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan konsep 10 langkah Brog and Gall yaitu: Research and information collecting, Planning, Develop preliminary form a product, Preliminary field testing, Main product revision, Main field testing, Operational product revision, Operational field testing, final product revision, dan Dissemination and implementation. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan di SMK Hamong Putera Pakem, Sleman dan Teknik Elektro UNY. Subjek penelitian adalah siswa kelas X keahlian TITL SMK Hamong Putera Pakem. Instrumen berupa angket dengan skala likert 4 untuk memperoleh data kelayakan pengembangan program tutorial video pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, sedangkan uji kelayakan menggunakan analisis data mengunakan rerata skor yang kemudian dikonversikan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Tingkat kelayakan menurut ahli materi dikategorikan layak dengan perolehan rerata total skor 33.00 dengan persentase 75%. (2) Tingkat kelayakan menurut ahli media dikategorikan sangat layak dengan perolehan rerata total skor 41.00 dengan persentase 85%. (3) ) Pada pengujian pengguna satu lawan satu mendapatkan rerata total skor 78.00 dengan presentase 85% dan dikategorikan sangat layak. Pada pengujian pengguna kelompok kecil mendapatkan rerata total skor 75.00 dengan presentase 82% dan dikategorikan sangat layak. Penggujian dilanjutkan pada uji lapangan dengan jumlah 29 siswa dikategorikan layak dengan perolehan rerata total skor 72.10 dengan persentase 78%. Sehingga media pembelajaran Program Tutorial Video Pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata Pelajaran dasar elektromekanik kelas X keahlian TITL SMK Hamong Putera Pakem.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Elektromekanik |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 May 2019 01:17 |
Last Modified: | 24 May 2019 01:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63975 |
Actions (login required)
View Item |