PENGEMBANGAN SIMULATOR CONVEYOR BELT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM DI SMK YAPPI WONOSARI

Putra, Julian Rinjani (2019) PENGEMBANGAN SIMULATOR CONVEYOR BELT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM DI SMK YAPPI WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover etc.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Simulator Conveyor Belt sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram dapat membantu memvisualisasikan konsep abstrak pemahaman dan struktur suatu model objek pada program PLC. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media prototype Simulator Conveyor Belt sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMK YAPPI Wonosari serta untuk mengetahui tingkat kelayakan Simulator Conveyor Belt tersebut. Penelitian pengembangan ini menerapkan langkah-langkah model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang melibatkan dua ahli materi, dua ahli media serta pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Produk akhir penelitian pengembangan yang dihasilkan berupa prototype Simulator Conveyor Belt. Modul Simulator Conveyor Belt memuat materi-materi tentang dasar teori, cara kerja media, langkah kerja media, dan evaluasi kemempuan siswa yang berbentuk soal uraian. Modul Simulator Conveyor Belt dibuat berbentuk jobsheet. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai rata-rata (mean) skor sebesar 148 (90,2%) yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan validasi ahli media Simulator Conveyor Belt dikategorikan “Sangat Layak” dengan nilai rerata skor sebesar 91 (91%). Menurut analisis data ujicoba siswa secara terbatas didapatkan nilai rerata sebesar 88,8 (89,7%) yang dikategorikan “Sangat Layak”. Sedangkan pada ujicoba kelompok besar mendapatkan nilai rerata skor sebesar 87,1 (88,9%) sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prototype Simulator Conveyor Belt, PLC, Conveyor, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 May 2019 00:39
Last Modified: 24 May 2019 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63969

Actions (login required)

View Item View Item