MODEL-MODEL PEMBELAJARAN RENANG DALAM PENJAS DI SEKOLAH DASAR

Fitriani, Kholifah (2021) MODEL-MODEL PEMBELAJARAN RENANG DALAM PENJAS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_kholifah fitriani_17604221023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menulusuri dan menganalisis berbagai model pembelajaran renang sekolah dasar melalui artikel-artikel jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nasional. Penelitian ini merupakan analisis atas analisis dengan mengkaji sejumlah penelitian yang sejenis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan penelitian tentang model-model pembelajaran renang dalam penjas di sekolah dasar yang tertulis dalam artikel jurnal. Analisis data kualitatif yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2016:246) yang meliputi: data collection, display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan temuan dalam artikel, jurnal yang ada di Indonesia dapat disimpulkan bahwa pembelajaran renang yang menggunakan kurikulum 2013 dari tahun 2018-2020 yaitu penelitian model: pembelajara langsung, bermain, inkuiry, drill dan model audio visual. Model pembelajaran yang dominan digunakan dalam pembelajaran renang adalah model bermain dikarenakan lebih efektif di berikan dalam proses pembelajaran renang sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Apr 2021 07:57
Last Modified: 21 Apr 2021 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63950

Actions (login required)

View Item View Item