SURVEY PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA

Kusuma, Nurudin Adhitya (2019) SURVEY PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
NURUDIN_ADHITYA_KUSUMA_15604221017.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan strategis dalam penyediaan tenaga pendidik berkompeten yang merata di seluruh Indonesia. Guru yang kompeten dalam pemanfaatan Information and Communication Technologies (ICT) diperlukan untuk mengembangkan kompetensi personal, pedagogis, sosial, dan professional sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru. Hal ini menjadi landasan pencapaian generasi emas 2045 dan peserta didik yang cerdas, kreatif dan inovatif menjadi human capital dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat penggunaan media pembelajaran berbasis ICT oleh Guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul D.I. Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel yang digunakan adalah semua guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul dan yang memenuhi kriteria sebanyak 123 guru. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai rata-rata penggunaan media pembelajaran berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hal itu, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa guru yang telah menggunakan media pembelajaran berbasis ICT tetapi masih terdapat beberapa guru yang belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Pembelajaran, ICT, PJOK
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 May 2019 03:54
Last Modified: 23 May 2019 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63940

Actions (login required)

View Item View Item