HUBUNGAN PROKRASTINASI TERHADAP MINAT OLAHRAGA DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN

Utami, Desy Yunita (2019) HUBUNGAN PROKRASTINASI TERHADAP MINAT OLAHRAGA DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan sebuah fenomena dalam dunia pendidikan yang cukup mengkhawatirkan pada masa sekarang. Hal ini menjadi hambatan besar dalam proses pembelajaran terutama di SMA. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dan hubungan minat olahraga dan psychological well-being terhadap prokrastinasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan sebanyak 355 siswa. Menggunakan teknik purposive sampling didapatkan 101 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda dengan variabel Minat olahraga (X1), Psychological well-being (X2) sebagai variabel independen dan variabel dependen adalah Prokrastinasi (Y). Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik (80%) memiliki kecenderungan untuk melakukan prokrastinasi akademik. Pada hasil korelasi terdapat hubungan negatif minat olahraga dan psychological wellbeing dengan prokrastinasi, di mana rhitung sebesar -0,554 dan -0,164. Sedangkan hasil analisis regresi menggunakan taraf signifikansi 5% menunjukkan hanya variabel minat olahraga yang signifikan memengaruhi prokrastinasi dengan pvalue = 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi, Minat Olahraga, Psychological Well-Being
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 May 2019 02:34
Last Modified: 23 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63935

Actions (login required)

View Item View Item