PENGARUH PEMBELAJARAN TAEKWONDO TERHADAP KEBUGARAN FISIK ANAK USIA 8-12 TAHUN

Ayuningtyas SP, Rr Lidwina Braniati (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN TAEKWONDO TERHADAP KEBUGARAN FISIK ANAK USIA 8-12 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia 8-12 tahun Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model one gruop pretest posttest design. Subjek penelitian adalah anak usia 8-12 tahun yang berjumlah 10 anak. Instrumen yang digunakan untuk kebugarn fisik menggunakan TKJI yang terdiri dari lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk, loncat tegak, dan lari 600 meter. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisisi uji t diatas telah diperoleh nilai t hitung (5,217) > t tabel (2,262), dan nilai p (0,001) < dari 0,05, hasil tersebut diartikan ada pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia 8-12 tahun, dengan peningkatan sebesar 36,49 %. Hasil tersebut disimpulkan ada pengaruh pembelajaran taekwondo terhadap kebugaran fisik anak usia 8-12 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pembelajaran taekwondo, kebugaran fisik
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 May 2019 02:08
Last Modified: 23 May 2019 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63932

Actions (login required)

View Item View Item