PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) DI SD NEGERI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN

Prima, Dibha (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) DI SD NEGERI SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dibha Prima Nafila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Sariharjo Ngaglik Sleman. Peningkatan keterampilan dalam penelitian ini melalui metode Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V di SD Negeri Sariharjo Ngaglik Sleman yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa dengan metode CIRC. Teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan) dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Sariharjo Ngaglik Sleman. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari kondisi siswa yang awalnya pasif dan kurang bersemangat nampak lebih aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hasil tes membaca pemahaman sebagai peningkatan hasil pembelajaran terbukti melalui pencapaian kriteria nilai membaca kelas yakni 70 terus bertambah mulai hasil pratindakan (29,16%), siklus I (54,16%), dan siklus II (87,5%). Siklus II presentase ketuntasan belajar siswa menunjukkan 87,5% dan melampaui target penelitian yakni 75%. Perbaikan dilakukan dengan menambah motivasi melalui cerita dan perumpamaan, pengumuman nilai, penghargaan bagi tiga kelompok terbaik, dan pengulasan soal tes siklus sebelumnya agar tes pada siklus selanjutnya lebih optimal. Kata kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman dan Metode CIRC

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:26
Last Modified: 13 Jun 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63912

Actions (login required)

View Item View Item