EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Budiarti, Tri Astuti and Wiyatmo, Yusman (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA N 1 Tempel dan SMA N 2 Sleman yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery learning dengan pendekatan multiple representation pada materi gelombang mekanik, (2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA N 1 Tempel dan SMA N 2 Sleman yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery learning dengan pendekatan multiple representation dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction dengan pendekatan scientific, (3) mengetahui pengaruh tingkat sekolah terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan multiple representation dan model pembelajaran direct instruction dengan pendekatan scientific, dan (4) mengetahui interaksi antara tingkat sekolah dengan model pembelajaran yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain faktorial. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN di Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling cluster sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu soal pretes, soal postes, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Data dianalisis berdasarkan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA N 1 Tempel dan SMA N 2 Sleman yang memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan multiple representation pada materi gelombang mekanik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA N 1 Tempel dan SMA N 2 Sleman yang memperoleh pembelajaran dengan model discovery learning dengan pendekatan multiple representation dan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model direct instruction dengan pendekatan scientific, (3) terdapat pengaruh antara tingkat sekolah terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan multiple representation, tetapi tingkat sekolah tidak berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik pada model pembelajaran direct instruction dengan pendekatan scientific, dan (4) tidak terdapat interaksi antara tingkat sekolah dengan model pembelajaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: discovery learning dengan pendekatan multiple representation, peningkatan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 May 2019 04:24
Last Modified: 23 May 2019 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63905

Actions (login required)

View Item View Item