PENGARUH PENERAPAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN FRAIS KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Mahardiawan, Made Agus (2019) PENGARUH PENERAPAN WORK PREPARATION SHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN FRAIS KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar praktik pemesinan frais siswa yang menerapkan WPS dan tidak menerapkan WPS, (2) mengetahui kebenaran langkah kerja siswa yang menerapkan WPS dan tidak menerapkan WPS, (3) mengetahui perbedaan antara hasil belajar praktik siswa yang menerapkan WPS dan tidak menerapkan WPS dalam proses praktik pemesinan frais. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design yang membandingkan nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Depok Sleman dengan jumlah 61 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TPA (kelas kontrol) dan XI TPB (kelas eksperimen). Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan penilaian hasil praktik. Uji validitas instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas logis melalui Expert Judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai rerata hasil belajar praktik pemesinan frais siswa kelas eksperimen yang menerapkan WPS lebih baik daripada nilai rerata hasil belajar praktik siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan WPS (kelas eksperimen: 92,39 > kelas kontrol: 89,40), (2) tindakan langkah kerja siswa kelas eksperimen yang menerapkan WPS lebih baik daripada tindakan langkah kerja siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan WPS saat praktik pemesinan frais (kelas eksperimen: 97,13% > kelas kontrol: 90,00%), (3) penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar praktik pemesinan frais antara kelas yang menerapkan WPS (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menerapkan WPS (kelas kontrol). Perbedaan ditunjukkan dengan harga t hitung lebih besar daripada t tabel (t hitung: 4,6033 > t tabel: 2,0435) pada taraf signifikan 5%. Penerapan WPS berpengaruh positif terhadap hasil belajar praktik pemesinan frais siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Depok Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: work preparation sheet, hasil belajar, pemesinan frais
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2019 00:33
Last Modified: 21 May 2019 00:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63881

Actions (login required)

View Item View Item