IMPLEMENTASI MODUL PRAKTIK PENGECORAN ALUMUNIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN KOMPETENSI DASAR PRAKTIK PENGECORAN LOGAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN

Bardan, Muhhammad (2019) IMPLEMENTASI MODUL PRAKTIK PENGECORAN ALUMUNIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN KOMPETENSI DASAR PRAKTIK PENGECORAN LOGAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Judul s.d Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB IV.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Lampiran.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang munggunakan modul dan tidak menggunakan modul, 2) mengetahui berapa besar peningkatan prestasi belajar siswa yang munggunakan modul dan tidak menggunakan modul, 3) mengetahui pengaruh modul terhadap prestasi siswa di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen yang berbentuk Randomized Subjects, Pretest – Posttest Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif untuk membandingkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Teknik Pemesinan yang berjumlah 106 yang terbagi menjadi 3 kelas yaitu XMA, XMB, dan XMC. Sampel yang diambil adalah kelas XMA yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas XMB yang berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan tes dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) perbedaan prestasi kelompok eksperimen cenderung lebih tinggi daripada kelompok kontrol. nilai posttest kelompok kontrol memiliki rata – rata 66.42, median 65, modus 75, nilai terbesar 90, dan nilai terkecil 50. Sedangkan kelompok eksperimen memiliki rata – rata 75.31, median 75, modus 65, nilai terbesar 100,dan nilai terkecil 45. 2) peningkatan prestasi dilihat dari peningkatan rata – rata nilai pretest ke posttest yaitu kelompok kontrol sebesar 21,07 dan kelompok eksperimen sebesar 35,31. 3) modul memberikan pengaruh positif terhadap prestasi siswa dilihat dari hasil uji tanda yang menunjukan ada perbedaan prestasi belajar antara siswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan modul dengan kelompok eksperimen yang menggunakan modul. Ketuntasan KKM nilai posttest juga menujukan perbedaan yaitu kelompok kontrol 39.286% dan kelompok eksperimen 65.625%. Hasil penelitian juga diperkuat dengan uji respon siswa dengan presentasi kelayakan 80.57% yang berdasarkan skala persentase pencapaian termasuk dalam katagori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, prestasi siswa, SMK Muhammadiyah 1 Playen
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 May 2019 06:17
Last Modified: 20 May 2019 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63870

Actions (login required)

View Item View Item