PROFIL KONDISI FISIK SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK MAARIF 1 WATES

Wibowo, Andi Dwi (2019) PROFIL KONDISI FISIK SISWA YANG MENGIKUTI EKTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK MAARIF 1 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
andi dwi wibowo, 15601241100 skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemain futsal diharuskan memiliki kondisi fisik yang baik, karena menunjang penampilan saat bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik siswa yang mengikuti ektrakurikuler futsal di SMK Maarif 1 Wates. Komponen yang diukur adalah komponen-komponen kondisi fisik, yaitu kekuatan otot tungkai, kecepatan sprint, dan daya tahan aerobik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti ektrakurikuler futsal di SMK Maarif 1 Wates yang berjumlah 16 siswa. Instrumen yang digunakan, yaitu; (1) Kekuatan otot tungkai diukur dengan menggunakan leg and back dynanometer dengan satuan kilogram, (2) Kecepatan diukur dengan menggunakan tes lari 60 meter dengan satuan detik, dan (3) daya tahan aerobik diukur dengan menggunakan tes multi tahap (multistage fitness test) dengan satuan ml/kg/min. Analisis data menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil kondisi fisik siswa yang mengikuti ektrakurikuler futsal di SMK Maarif 1 Wates berada pada kategori baik sekali (12,5%), baik (18,8%), sedang (37,5%), kurang (25%), dan kurang sekali (6,3%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Profil, kondisi fisik, futsal
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 May 2019 03:37
Last Modified: 20 May 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63866

Actions (login required)

View Item View Item