PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR VOLLEY TENIS LAPANGAN UNTUK TINGKAT PEMULA PADA ORPIL TENIS LAPANGAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Wiguna, Pambudi Elsa (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR VOLLEY TENIS LAPANGAN UNTUK TINGKAT PEMULA PADA ORPIL TENIS LAPANGAN DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EL FIX FIX.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar volley tenis lapangan untuk tingkat pemula yang mengikuti orpil tenis lapangan di FIK Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian atau angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dosen, dan mahasiswa. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli media, ahli materi, pelatih dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan empat langkah 4D yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Berdasarkan penilaian produk oleh ahli materi memperoleh skor 3,5 pada aspek materi masuk kategori sangat baik dan 3,7 pada aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik. Ahli media menilai 3,1 untuk aspek tampilan kategori sangat baik dan 3,6 untuk aspek pemrograman kategori sangat baik. Hasil penilaian oleh 2 pelatih tenis yang sudah diratarata adalah 3,5 untuk aspek materi kategori sangat baik dan 3,4 untuk aspek pembelajaran kategori sangat baik. Penilaian 16 mahasiswa mendapat nilai rata-rata nilai 3,0 kategori sangat baik. Secara keseluruhan berdasarkan hasil penilaian produk, media pembelajaran berbasis video tutorial teknik dasar volley tenis lapangan baik digunakan sebagai media bantu proses pembelajaran teknik dasar volley tenis lapangan bagi mahasiswa FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Tenis Lapangan, Video Tutorial, Teknik Dasar Volley Tenis Lapangan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 May 2019 03:03
Last Modified: 20 May 2019 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63863

Actions (login required)

View Item View Item