PENGARUH PEMBERIAN TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) DAN DISERTAI DENGAN LATIHAN AEROBIK TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA SISWI DI SMP NEGERI 3 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

Purnama, Yashinta Onna (2019) PENGARUH PEMBERIAN TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) DAN DISERTAI DENGAN LATIHAN AEROBIK TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA SISWI DI SMP NEGERI 3 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
yashinta onna_skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Obesitas atau overwight merupakan masalah sangat ditakuti oleh kaum wanita, karena seorang wanita jika berat badannya sudah melebihi batas normal yang biasa ditentukan berdasarkan IMT (Indeks massa Tubuh) akan melakukan dengan segala cara untuk menurunkan berat badan menuju ideal atau sesuai yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian minuman teh hijau (Camellia Sinensis) yang disertai dengan latihan aerobik terhadap penurunan berat badan pada siswi kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Pakem. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode one-group pre-test-post-test design, dengan pemberian perlakuan memberi minuman the hijau dan melakukan latihan aerobik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran tinggi badan berat badan, lingkar pinggang dan lingkar panggul dan IMT. Populasi penelitian adalah siswi kelas VII dan VIII SMP Negeri 3 Pakem yang mengalami obesitas atau yang mempunyai IMT besar dari 25. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 20 orang. Sehingga sampelnya adalah sampel populasi yaitu mengambil semua sampel yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap penurunan berat badan dengan nilai t-hitung 7,789, lingkar pinggang dengan nilai t-hitung 6,42, lingkar panggul dengan nilai t-hitung 6,307 dan IMT dengan nilai t-hitung 6,245 dengan taraf signifikansi 5 %. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa pemberian minuman teh hijau (Camellia Sinensis) yang diikuti latihan aerobik dapat menurunkan berat badan, penurunan lingkar pinggang dan panggul serta IMT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teh Hijau (Camellia Sinensis), latihan aerobik, berat badan, lingkar pinggang, pinggul dan IMT.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 May 2019 02:06
Last Modified: 20 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63857

Actions (login required)

View Item View Item