PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV B PADA MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA

Hidayah, Syarifah Nur (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV B PADA MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Syarifah Nur Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam muatan IPS pada siswa kelas IV B SD Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dalam satu tim kolaborators yang bekerja sama yaitu peneliti dan guru kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas menggunakanmodel spiral Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV B SD Negeri Golo Yogyakarta. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala keterampilan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran problem based learning. Pelaksanaan pembelajaran muatan IPS menggunakan model problem based learning melalui beberapa tahap, meliputi: tahap orientasi siswa pada masalah, tahap mengorganisasikan siswa untuk belajar, tahap membimbing pengalaman individual dan kelompok, tahap membantu siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya, tahap menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi dan skala keterampilan sosial siswa siklus I diketahui keterampilan sosial siswa dalam kriteria cukup. Rata-rata presentase hasil observasi 75% dan rata-rata hasil aspek skala keterampilan sosial siswa sebesar 74,85%. Hasil observasi dan skala keterampilan sosial siswa siklus II menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa berada pada kriteria baik. Rata-rata presentase hasil observasi sebesar 84% dan rata-rata hasil aspek skala keterampilan sosial siswa sebesar 83,43%. Hasil dari siklus II tersebut sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu rata-rata presentase sudah lebih dari atau sama dengan 76% sehingga penelitian dihentikan. Kata kunci: keterampilan sosial, model problem based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 May 2019 07:12
Last Modified: 16 May 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63844

Actions (login required)

View Item View Item