IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Wijayanto, Sigit Anung (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 NGAWEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sigit anung wijayanto_17601241052.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Ngawen dengan jumlah total 372 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Ngawen dengan jumlah 107 peserta didik, selanjutnya instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang telah divaliditas oleh peneliti sebelumnya dengan hasil nilai validitas 0,858 (koefisien Corelation Product Moment) dan nilai reliabilitas 0,944 (Alpha Cronbach) yang diolah menggunakan SPSS 24. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket respon peserta didik dengan jumlah butir pernyataan sebanyak 33 butir. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa imlementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan saintifik di SMK Negeri 1 Ngawen berada pada kategori “sangat baik” 64,49%, pada kategori “baik” 33,64%, kategori “kurang baik” 1,87% dan 0% pada kategori tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Ahmad Rithaudin, M. Or.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Mar 2021 10:37
Last Modified: 26 Mar 2021 10:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63836

Actions (login required)

View Item View Item