HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI KARDIORESPIRASI SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN

Putra, R. Andika Kurnia (2019) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KEBUGARAN JASMANI KARDIORESPIRASI SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani kardiorespirasi siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mlati Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan instrumen berupa tes pengukuran, instrumen kualitas tidur dengan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dengan validitas (r=0.73), reliabilitas (Cronbach’s α=0.83), sedangkan kebugaran jasmani kardiorespirasi menggunakan tes Multistage Fitness Test (MFT) dengan validitas (r=0,71), reliabilitas tes (0,521). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mlati Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel dengan purposive random sampling. Total sampel sebanyak 32 siswa. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment (Karl Pearson) pada taraf signifikansi 0,05 atau 5 %. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, dan pengujian hasil penelitian diperoleh nilai rx.y = -0.470 > r tabel = 0.349, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani kardiorespirasi siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mlati Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas tidur, kebugaran jasmani kardiorespirasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 May 2019 03:42
Last Modified: 16 May 2019 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63834

Actions (login required)

View Item View Item