PENGARUH PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN KETELADANAN TERHADAP KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2019

Wulandari, Diah (2019) PENGARUH PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN KETELADANAN TERHADAP KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Diah Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran variabel peran orang tua siswa dalam memberikan keteladanan, (2) memperoleh gambaran variabel karakter gemar membaca siswa, dan (3) mengetahui pengaruh peran orang tua dalam memberikan keteladanan terhadap karakter gemar membaca siswa. Karakter gemar membaca merupakan kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberi kebajikan bagi diri sendiri sebagai pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 163 siswa dengan sampel berjumlah 116 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mengetahui daya beda item menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen diketahui dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran orang tua dalam memberikan keteladanan sebagian besar (49,14%) termasuk kategori tinggi, dan karakter gemar membaca siswa sebagian besar (44,83%) termasuk kategori tinggi, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran orang tua dalam memberikan keteladanan terhadap karakter gemar membaca siswa, yaitu diperoleh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 May 2019 06:46
Last Modified: 16 May 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63823

Actions (login required)

View Item View Item