HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL KELUARGA DAN INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Ningtias, Fitri Rahayu (2019) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL KELUARGA DAN INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fitri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya karakter peduli sosial siswa dan kurangnya interaksi sosial pada keluarga dan guru, dimana keluarga dan guru merupakan faktor yang mempengaruhi karakter peduli sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial keluarga dan interaksi sosial guru dengan karakter peduli sosial siswa kelas IV di Sekolah Dasar se-Gugus 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus 1 Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo sebanyak 268 siswa dengan sampel penelitian 160 siswa yang diambil secara acak menggunakan perhitungan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala karakter peduli sosial, skala interaksi sosial keluarga, dan skala interaksi sosial guru. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, dilanjutkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment Pearson. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment Pearson, uji korelasi ganda, dan uji korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial keluarga dengan karakter peduli sosial siswa dengan sumbangan sebesar 11,73%; 2) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial guru dengan karakter peduli sosial siswa dengan sumbangan sebesar 13,47%; 3) ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial keluarga dan interaksi sosial guru secara bersama-sama dengan karakter peduli sosial siswa dengan sumbangan sebesar 25,2%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial keluarga dan interaksi sosial guru dengan karakter peduli sosial siswa. Kata kunci: karakter peduli sosial siswa, interaksi sosial keluarga, interaksi sosial guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 May 2019 06:05
Last Modified: 14 May 2019 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63816

Actions (login required)

View Item View Item