LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Azhari, Rahma Aisyah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14201241043 RAHMA AISYAH AZHARI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan, sekaligus memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia kependidikan secara nyata sehingga dapat menjadi tenaga pendidik profesional di bidangnya. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Pelaksanaan PLT berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 September sampai dengan 15 November di SMA N 9 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Sagan nomor 1, Yogyakarta. Sejumlah 21 mahasiswa melaksanakan PLT UNY di SMA N 9 Yogyakarta yang terdiri dari 11 program studi meliputi Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Bimbingan Konseling. Kegiatan ini dimulai dari observas, pelaksanaan yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Selain itu kegiatan PLT juga mencakup praktik manajemen administrasi sekolah seperti perpustakaan. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 42 kali pertemuan. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di 6 kelas meliputi kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3, XI MIA 4 XI MIA 5, dan XI IPS. Manfaat diadakannya PLT bagi mahasiswa dapat pula langsung dirasakan. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku kuliah dapat segera diperbaiki karena sudah memahami kendala dan solusinya di lapangan secara nyata. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PLT ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah. Sehingga, program PLT sangat efektif untuk membekali mahasiswa kependidikan unruk membekali diri dalam proses usahanya menjadi tenaga pendidika yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 9 Yogyakarta, Praktik Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 May 2019 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63814

Actions (login required)

View Item View Item