PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK BERMUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KELAS IVA SD NEGERI 2 PETIR BANTUL

Wijayanti, Fidelia Esti (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK BERMUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KELAS IVA SD NEGERI 2 PETIR BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fidelia Esti Wijayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar tematik bermuatan IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas IVA SD Negeri 2 Petir Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Petir Bantul yang berjumlah 20 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan (plan), tindakan dan observasi (act and observe), serta refleksi (reflect). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengukur prestasi belajar tematik bermuatan IPS. Instrumen divalidasi oleh dosen ahli (expert judgment). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data prestasi belajar tematik bermuatan IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar tematik bermuatan IPS siswa kelas IVA dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Tahap pra tindakan menunjukkan prestasi belajar tematik bermuatan IPS siswa masih tergolong sangat kurang dengan ketuntasan belajar sebesar 20%. Pada siklus I perolehan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 45% sehingga diperoleh ketuntasan belajar sebesar 65%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan dari pelaksanaan di siklus I, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 20% yaitu diperoleh ketuntasan belajar sebesar 85%. Prestasi belajar tematik bermuatan IPS siswa pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 75% dari jumlah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Petir Bantul mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar tematik bermuatan IPS kelas IVA SD Negeri 2 Petir Bantul. Kata kunci : prestasi belajar, tematik bermuatan IPS, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 May 2019 05:28
Last Modified: 14 May 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63812

Actions (login required)

View Item View Item