UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI SASTRA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING KELAS III SDN REJOWINANGUN I YOGYAKARTA

Aji, Istyaning Sofwan (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI SASTRA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING KELAS III SDN REJOWINANGUN I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Istyaning Sofwan Aji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar bahasan Jawa dan meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa materi Sastra dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Kelas III SDN Rejowinangun I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Rejowinangun 1 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, portofolio dan tes evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati proses belajar dan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan contextual teaching learning pada pembelajaran bahasa Jawa materi sastra dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III C SDN Rejowinangun I Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar Bahasa Jawa dilihat dari hasil nilai rerata kelas pratindakan sebesar 62,11 dengan predikat “cukup” meningkat menjadi 75,08 dengan predikat “baik”. Upaya meningkatkan proses belajar siswa dengan menerapkan tujuh komponen pada pendekatan CTL (konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya). Keaktifan siswa pada pratindakan sebesar 18,50% dengan kategori “sangat kurang” meningkat menjadi 88,37% dengan kategori “sangat aktif”. Hasil observasi menunjukkan keaktifan siswa mengalami peningkatan signifikan pada aspek tanya jawab, diskusi, dan presentasi. Pada akhir siklus penelitian telah mencapai indikator keberhasilan dengan predikat “baik” dan 80,76% siswa telah mencapai KKM. Kata kunci: contextual teaching learning, materi sastra Jawa siswa kelas III

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 May 2019 05:25
Last Modified: 14 May 2019 05:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63811

Actions (login required)

View Item View Item