LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

G A P, Hilda Ardhya (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241038 HILDA ARDHYA G A P.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung dan nyata yang dalam hal ini penyusun melaksanakan PPL di SMA Negeri 9 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Sagan No.1, Yogyakarta. PLT berlangsung selama kurang lebih 8 minggu, yaitu terhitung sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak SMA Negeri 9 Yogyakarta. Adapun hasil yang dicapai selama PLT mahasiswa mendapat banyak sekali pengalaman dan ketrampilan baik dalam hal melaksanakan pembelajaran maupun hal manajerial sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, dan tidak terdapat kendala yang begitu berarti selama kegiatan PLT berlangsung. Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 8 kali pertemuan telah dilaksanakan sebanyak 28 kali pertemuan dan 8 kali mengajar dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Secara keseluruhan, dalam pelaksanaan PLT penyusun melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi dan keadaan sekolah. Kemudian melaksanakan kegiatan mengajar (micro teaching) di kampus bersama dosen dan rekan mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah. Setelah persiapan dilakukan kemudian praktek mengajar di sekolah. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan Program Semester, Program Tahunan, Matriks kerja, Evaluasi, dan lain-lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 9 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 May 2019 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63802

Actions (login required)

View Item View Item