PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PERSEPSI SISWA BERKARAKTER BAIK PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS

Tyas, Ragil Puspa Wahyuning and Sukardiyono, Sukardiyono (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN PERSEPSI SISWA BERKARAKTER BAIK PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL BAB I-V.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kelayakan perangkat pembelajaran fisika berbasis inquiry learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan persepsi siswa berkarakter baik, (2) peningkatan kemampuan problem solving peserta didik yang belajar menggunakan perangat pembelajaran berbasis inquiry, (3) peningkatan persepsi siswa berkarakter baik peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inquiry, (4) besar peningkatan kemampuan problem solving peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inquiry, (5) besar peningkatan persepsi siswa berkarakter baik peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, buku siswa dan buku guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 SMA N 1 Sedayu semester gasal tahun ajaran 2018/2019. Sebelum diujicobakan pada subjek penelitian, perangkat pembelajaran ini terlebih dahulu divalidasi oleh validator ahli dan praktisi. Perangkat pembelajaran yang telah valid dan reliabel kemudian diujicobakan kepada peserta didik XI MIA 4. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) telah diperoleh perangkat pembelajaran fisika berupa RPP dan buku pegangan siswa berbasis inquiry untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan persepsi siswa berkarakter baik, (2) terdapat peningkatan kemampuan problem solving peserta didik yang belajar menggunakan perangat pembelajaran berbasis inquiry, (3) terdapat peningkatan persepsi siswa berkarakter baik peserta didik yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inquiry, (4) perangkat pembelajaran fisika berbasis inquiry efektif digunakan ditinjau dari peningkatan kemampuan problem solving dengan nilai standard gain yaitu 0,63 dalam kategori sedang, (5) perangkat pembelajaran fisika berbasis inquiry efektif digunakan ditinjau dari peningkatan persepsi siswa berkarakter baik dengan nilai standard gain yaitu 0,38 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, inquiry, kemampuan problem solving, persepsi siswa berkarakter baik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 22 May 2019 02:36
Last Modified: 22 May 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63783

Actions (login required)

View Item View Item