PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK PESERTA DIDIK SMA N 1 JOGONALAN

Dwi Ningsih, Yuliana and Astono, Juli (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK PESERTA DIDIK SMA N 1 JOGONALAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL YULIANA.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire yang layak digunakan untuk pembelajaran gelombang berjalan dan gelombang stasioner; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika pada peserta didik kelas XI di SMA setelah diberikan media pembelajaran berbasis lectora inspire dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif fisika pada peserta didik kelas XI di SMA setelah diberikan media pembelajaran berbasis lectora inspire. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D dengan desain ADDIE yang terdiri dari dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan kepada 35 peserta didik kelas XI SMA N 1 Jogonalan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi, ahli media, dan guru fisika untuk menilai kelayakan produk serta angket respon peserta didik untuk memberikan masukan mengenai produk yang dikembangkan. Kelayakan produk media pembelajaran dilihat dari skor validasi menggunakan SBi. Pengadaan pretest dan posttest serta penyebaran angket motivasi belajar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dan mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan standar gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran berbasis lectora inspire yang layak digunakan untuk pembelajaran gelombang berjalan dan gelombang stasioner; (2) media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk media pembelajaran berbasis lectora inspire mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan skor standar gain sebesar 0.088 dengan kategori rendah dan (3) media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk media pembelajaran berbasis lectora inspire mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan skor standar gain sebesar 0.48 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, lectora inspire, hasil belajar fisika, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 22 May 2019 02:34
Last Modified: 22 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63782

Actions (login required)

View Item View Item