SINTESIS GRAPHENE OXIDE DAN CARBON NANODOTS BERBAHAN DASAR LIMBAH DAUN PISANG KERING DENGAN METODE LIQUID SONICATION EXFOLIATION DAN PEMANASAN OVEN

Sartini, Sartini and Dwandaru, WS. Brams (2019) SINTESIS GRAPHENE OXIDE DAN CARBON NANODOTS BERBAHAN DASAR LIMBAH DAUN PISANG KERING DENGAN METODE LIQUID SONICATION EXFOLIATION DAN PEMANASAN OVEN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
Full Skripsi Sartini.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sintesis larutan GO dan C-dots berbahan dasar limbah daun pisang kering. Hasil sintesis larutan GO dan C-dots juga dicampurkan untuk menghasilkan kombinasi campuran GO/C-dots dengan perbandingan tertentu. Pencampuran ini untuk mengetahui karakteristik bahan hasil pencampuran larutan GO dan C-dots. Sintesis larutan GO dilakukan dengan metode LSE (Liquid Sonication Exfoliation). Serbuk daun pisang kering dicampurkan dengan aquades dan larutan deterjen kemudian disonikasi dengan frekuensi 35k Hz sehingga larutan akan tereksfoliasi dan menghasilkan lembaran GO. Sintesis larutan C-dots diperoleh dengan metode pemanasan. Pemanasan dilakukan menggunakan oven melalui dua fase pemanasan. Hasil dari pemanasan oven berupa bubuk karbon yang kemudian dicampurkan dengan pelarut aquades untuk mendapatkan larutan C-dots. Hasil larutan sintesis GO dan C-dots dicampurkan untuk membuat campuran GO/C-dots dengan perbandingan 1 : 2, 2 : 1, 1 : 1, 1 : 5, dan 5 : 1. Hasil uji sampel GO dengan spektrofotometer UV-Vis menunjukkan dua puncak absorbansi pada panjang gelombang 227,5 nm dan 260 nm, sedangkan untuk larutan C-dots menghasilkan puncak absorbansi pada panjang gelombang 216 nm. Hasil karakterisasi GO dan C-dots dengan FTIR menghasilkan gugus fungsi yang sama yaitu O – H, C – O, dan C = C. Hasil karakterisasi GO dan Cdots dengan PL menghasilkan satu puncak emisi pada panjang gelombang 499 nm dengan pendaran warna hijau. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan morfologi permukaan GO dan C-dots yang diperoleh terdiri dari banyak partikel dengan bentuk tidak teratur dan dapat diamati bahwa partikel-partikelnya cenderung menggabung dengan persebaran yang merata. Berdasarkan hasil karakterisasi tersebut dapat disimpulkan bahwa larutan GO dengan metode LSE dan larutan Cdots dengan metode pemanasan oven telah berhasil dibuat. Hasil pencampuran dari larutan GO dan C-dots berdasarkan uji UV-Vis, FTIR, PL, dan SEM menunjukkan terbentuknya nanomaterial rGO. Hasil pencampuran larutan GO dan C-dots menjadikan C-dots sebagai agen pereduksi GO. Sehingga, C-dots menyebabkan lapisan-lapisan GO terkelupas membentuk rGO.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GO, C-dots, pemanasan oven, LSE, UV-Vis, FTIR, PL, dan SEM
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 22 May 2019 02:32
Last Modified: 22 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63781

Actions (login required)

View Item View Item