PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA JAGOI BABANG BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT

Desiana Iriyanti, Ramadhani (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA JAGOI BABANG BENGKAYANG KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Desiana Iriyanti Ramadhani_15111241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak Kelompok B TK Negeri Pembina Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, melalui kegiatan menganyam. Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis & Mc. Taggart secara kolaboratif. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 September sampai dengan 24 Oktober 2018 Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah 13 anak Kelompok B yang terdiri dari 8 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi yang berbentuk check list, dokumentasi, dan hasil karya. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan yang digunakan adalah minimal 90% memenuhi kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil skor keterampilan motorik halus anak pada Pratindakan sebesar 15,38%, pada Siklus I meningkat menjadi 53,84%, serta pada Siklus II meningkat menjadi 92,3%, dengan demikian penelitian ini dihentikan karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan tindakan ini dapat dilihat dari rata-rata keterampilan motorik halus anak dalam kriteria kecermatan, ketepatan, dan kecepatan dari kriteria MB menjadi kriteria BSH. Prosedur kegiatan menganyam meliputi: 1) penjelasan langkah-langkah dalam menganyam lebih diperjelas dengan cara anak-anak mengikuti langkah “angkat satu-turun satu, diselang-seling”; 2) bahan yang digunakan yaitu dari kertas manila pada Siklus I dan spons hati pada Siklus II; 3) keterampilan anyaman yang diberikan pada anak berupa ayaman sasak pada Siklus I dan anyaman sasak kombinasi kepar pada Siklus II; dan 4) media untuk menganyam dibentuk sesuai dengan tema. Kata Kunci : keterampilan motorik halus, menganyam, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 May 2019 06:21
Last Modified: 06 May 2019 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63755

Actions (login required)

View Item View Item