EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMP N 4 NGAGLIK

Rias Ratih Wijayanti, Rias (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMP N 4 NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMP N 4 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian dipilih dengan purposive random sampling, dengan kriteria siswa kelas VIII yang memiliki perilaku asertif rendah sebanyak 8 siswa untuk kelompok eksperimen dan 8 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala perilaku asertif, observasi dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan perilaku asertif. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata tingkat perilaku asertif kelompok eksperimen pada pretest yaitu 168,0 menjadi 199,8 pada hasil rata-rata posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,012<0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: teknik sosiodrama, perilaku asertif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:13
Last Modified: 29 Apr 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63741

Actions (login required)

View Item View Item