HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN STATUS IDENTITY ACHIEVEMENT PADA REMAJA

Eva Kurnia Alfitaningrum, Eva (2019) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN STATUS IDENTITY ACHIEVEMENT PADA REMAJA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
EVA KURNIA_BK_15104241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan status identity achievement pada remaja. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. . Subjek dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Pengambilan subjek ditentukan berdasarkan kriteria umur siswa, yaitu 18 tahun. Instrumen yang digunakan adalah skala dukungan sosial keluarga dan skala status identity achievement. Validasi instrument dilakukan dengan expert judgment. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis korelasi produk moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan status identity achievement pada Remaja. Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan status identity achievement pada remaja ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.644 dengan t_(hitung )>t_tabel ,yaitu 8.873>0.244. Variabel dukungan sosial keluarga memberikan sumbangan/pengaruh pada variabel status identity achievement sebesar 41.5%, dengan begitu masih ada 58.5% disebabkan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selain hasil tersebut ditemukan bahwa remaja di Remaja mendapat dukungan sosial keluarga dalam kategori tinggi sebesar 60%, sedangkan pada status identity achievement dalam kategori sedang sebanyak 52.3%. Kata kunci: dukungan sosial keluarga, status identity achievement, korelasional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:00
Last Modified: 29 Apr 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63735

Actions (login required)

View Item View Item