EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SMP N 4 NGAGLIK

Yovita Rizki Rinjani, Yovita (2019) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA DI SMP N 4 NGAGLIK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yovita Rizki Rinjani_15104241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping dalam meningkatkan self-regulated learning pada siswa di SMP N 4 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Desain. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Pemilihan subyek menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen skala self-regulated learning. Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgement dan dinyatakan valid dengan diperoleh hasil berupa rhitung > 0,361. Reliabilitas skala self-regulated learning diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,929 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis data menggunakan teknik analisis Univariat dan Uji Wilcoxon dengan program SPSS For Windows Seri 16.0 Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan self-regulated learning pada siswa yang menunjukkan taraf signifikasi p 0,005 < 0,05. Pengujian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada hasil pretest dan post-test kelompok eksperimen. Pengaruh pemberian treatment tersebut bersifat positif yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 117,50 menjadi 159,20. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan self-regulated learning pada siswa di SMP N 4 Ngaglik. Kata kunci: bimbingan kelompok teknik mind mapping, self-regulated learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:24
Last Modified: 29 Apr 2019 04:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63730

Actions (login required)

View Item View Item