PENGEMBANGAN E-COUNSELING “KONSELOR-KU“ UNTUK MENGATASI PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Lintang Robbani, Lintang (2019) PENGEMBANGAN E-COUNSELING “KONSELOR-KU“ UNTUK MENGATASI PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI _LINTANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-counseling Konselor-Ku berbasis android untuk mengatasi perundungan di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (four-D) Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian yang terlibat dalam need assessment sejumlah 32 siswa pada suatu sekolah SMAN di Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan angket tindakan perundungan, angket kebutuhan media dan wawancara. Hasil need assessment digunakan sebagai acuan untuk menyusun fitur media Konselor-Ku dalam mengatasi perundungan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, 93,8% siswa menyebutkan aplikasi android dapat digunakan sebagai media pelaporan tindakan perundungan dengan memudahkan komunikasi siswa dengan guru BK. Penelitian ini menghasilan aplikasi android Konselor-Ku yang terdiri dari fitur artikel informatif, pelaporan dan assessment awal tindakan perundungan yang dilengkapi dengan jadwal pelaksanaan layanan konseling. Konselor-Ku telah divalidasi oleh ahli materi dan media dengan skor ahli materi 4,08 (kategori layak) dan skor ahli media 4,8 (kategori sangat layak). Kemudian Konselor-Ku diuji cobakan terbatas kepada siswa dengan hasil akhir layak untuk digunakan. Kata kunci : Perundungan, E-Counseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:21
Last Modified: 29 Apr 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63727

Actions (login required)

View Item View Item