UPAYA MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK MELALUI TEKNIK PHOTOVOICE PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 JETIS BANTUL

Arif Adamas, Arif (2019) UPAYA MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK MELALUI TEKNIK PHOTOVOICE PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ArifAdamas_14104244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Studi ini bertujuan untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik melalui teknik photovoice pada siswa kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Jetis Bantul sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui satu siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kecemasan akademik dan angket terbuka. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik photovoice dapat menurunkan tingkat kecemasan akademik siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil selisih skor rata-rata pra tindakan dengan pasca tindakan seluruh siswa yang menunjukkan adanya penurunan skor sebesar 11,75 sampai dengan 53,5 poin. Hasil rata-rata skor skala kecemasan akademik pada saat pra tindakan sebesar 121,28, pada pasca tindakan menurun sebesar 92,71. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil angket terbuka yang menunjukkan siswa dapat mengungkapkan dan mendapat solusi kecemasan akademik yang dialami melalui proses presentasi dan diskusi yang dilakukan dalam konseling kelompok menggunakan teknik photovoice. Kata kunci: photovoice, kecemasan akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:36
Last Modified: 29 Apr 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63724

Actions (login required)

View Item View Item